Minggu, 08 Maret 2015

Guided Through the Quran episode 21

Guided Through the Quran by Syeikh Fahad Al-Kandari

Program televisi yang menampilkan bagaimana seseorang mendapatkan petunjuk lewat Al-Quran. Program ini dipandu oleh Syeikh Fahad Al-Kandari.  Beliau telah mewawancarai sekitar 29 orang mualaf dengan latar belakang yang berbeda-beda. Para mualaf yang diwawancarai ini semua tinggal di beberapa negara seperti Inggris, Beligia, Perancis dan Spanyol. Saya akan nulis ringkasan dari semua wawancara yang dilakukan beliau. Semoga bermanfaat 

Episode 21
Amin (Timotius Antonius Taab) Belanda

Syeikh : Sebelum memeluk islam, Amin pernah ikut puasa di bulan ramadhan dan ikut shalat juga. Alhamdulillah memeluk islam di usia muda.

Amin :  Umur  17 tahun saya masuk college saat bulan ramadhan. Saat itu saya ikut berpuasa walaupun belum memeluk islam. Puasa memberikan kekuatan sendiri dan membuat saya tidak melakukan banyak dosa. Saya merasa menjadi islami. Setelah empat tahun, saya selalu puasa di bulan ramadhan.

Syeikh : Ini bisa menjadi sebuah pesan bagi anda yang non-muslim. Coba anda lakukan dulu dan rasakan kebaikannya. Allah menyuruh untuk berpuasa bukan untuk kita menjadi susah, membiarkan orang tidak makan. Malah puasa membuat perasaan berbagi dan adanya interaksi dengan yang lain. Perasaan dan pikiran kita menjadi jernih.  

Amin : Saya tumbuh besar di salah satu kota di Belanda. Umur 12 tahun saya sudah mulai berfikir tentang kehidupan khususnya tentang agama. Saat masuk college, disana banyak teman muslim. Mulai saat itu hidup saya berubah. Allah telah mempertemukan saya dengan Abdullah Abu Bakar (muallaf di episode 15). Dia menjelaskan banyak kepada saya tentang islam, tauhid dan isu-isu yang berkembang saat itu.

Amin : Di Al-Quran banyak sekali ayat yang  menjelaskan tentang kebersihan. Salah satunya yang ada di surat Al-Baqarah. Allah mencintai orang-orang yang menjaga kebersihan. Umumnya saya tidak mengerti kenapa banyak orang yang melihat islam dari luarnya saja dan berpikiran negatif terhadap mereka. Padahal hanya islam mengajarkan tentang kebersihan secara lengkap. Fitrah kita kita sebagai manusia itu mencintai kebersihan. Itu yang membuat saya tertarik dengan islam.

Amin : Allah mengatakan dalam Al-Quran bahwa Dia mencintai orang-orang menjaga kebersihan. Saya setuju dengan islam. Sebelum shalat seorang muslim haruslah berwudhu dulu. Selain itu juga, islam sangat mengatur kita jika berada di dalam kamar mandi. Selama ini saya nggak tahu ternyata islam begitu detail.

Syeikh : Allah berkata : “… Sungguh Allah menyukai orang yang taubat dan menyukai orang yang menyucikan diri.” (Al-Baqarah ayat 222). Bayangkan ketika kita bersuci kita mendapat cinta dan ampunan dari Allah. Dosa kita luntur bersama air yang kita gunakan untuk berwudhu. Saya sarankan sebelum tidur, berwudhu agar saat bangun nanti kita diampuni dosanya. 

Amin : Suatu hari saya bertemu dengan Abu Bakar. Kami berdiskusi ringan tentang islam setelah selesai, kami pulang kerumah masing-masing. Malamnya saya ada janji dengan teman lainnya bertemu di pub. Disana saya melihat semua orang menari, minum alcohol, dan merokok. Saya merasa nggak nyaman berada di dalam. Saya memutuskan untuk keluar dari sana dan saat pintu terbuka serasa ada udara segar yang masuk ke dalam tubuh saya. Saya ingat kalau Abu bakar pernah bilang ke saya kalau hati ini merasa siap untuk masuk islam, jangan tunda dan jangan biarkan seytan membelokkan niatmu yang baik ini. Lalu jam setengah empat pagi  saya pulang dan telepon Abu Bakar. Alhamdulillah Dia mengangkat telepon saya.

Abu bakar : Amin menelepon saya sekitar jam 3 dia menyatakan ingin masuk islam.

Amin : Saat saya telepon dia terdengar dia masih setengah sadar. Dengan semangat saya bilang “Bangun Abu Bakar bangun! Saya mau memeluk islam sekarang. Dia bilang : oooohhh ya oke. Kita ketemu sekarang ya. Saya menuju rumahnya. Jalanan masih terlalu gelap. Hanya ada lampu lalu lintas dan lampu jalan. Saat bertemua dengannya, dia tersenyum lebar menyambut saya dan kami berpelukan. Kami berjalan menuju rumah. Di sana dia menjelasakan tentang dasar-dasar iman. Setelah itu dia menuntun saya mengucapkan syahadat dalam bahasa arab dan arti dalam bahasa belanda. Dan akhirnya yeye! Saya menjadi seorang muslim.

Amin : Bagi yang sudah menjadi muslim sejak lahir, lama kelamaan meninggalkan islam dan sunnah, melakukan bid’ah dan terjatuh dalam lubang dosa. Hati-hati saudara jangan sampai kita terfokus untuk mengejar dunia. Saya hidup di lingkungan yang sangat bebas. Saya masuk islam saat umur 21 tahun dan telah melakukan banyak hal yang dilarang oleh Allah. Saya tidak merasakan kebahagiaan yang sangat berarti. Islam adalah sebuah anugrah yang nggak bisa dijelaskan jika hanya dengan kata-kata. Ini adalah kesempatan yang nggak bisa dilewatkan untuk bisa mencapai ridho Allah dan surge-Nya.

Amin : Saya ingin bertanya. Ini ada sebuah smartphone. Ada kamera, ada tombol dan banyak sekali fungsi yang bisa kita pakai. Tapi jika dibandingkan dengan tubuh kita, nggak ada apa-apanya. Mata, mulut, telinga dan semuanya yang bisa kamu manfaatkan untuk kehidupanmu. Coba pikirkan tentang siapa yang menciptakannya. Dia menciptakan semua yang ada di tubuh kita bukan tidak ada tujuannya. Jadi kita harus tau apa yang menjadi tujuan kita diciptakan oleh Allah di dunia ini.

Syeikh : Subbahanallah mendengarkan cerita anda dan bacaaan Quran anda sungguh menyenangkan. Coba ceritakan bagaimana Al-Quran memberikan nilai-nilai ke dalam hidup anda?

Amin : Sejujurnya saya merasa menjadi orang yang munafik saat membaca Al-Quran. Al-Quran memang harus menjadi petunjuk bagi semua orang. Saya punya jenggot yang lebat. Banyak orang yang mengira saya ini orang yang alim dan lain sebagainya. Padahal kehidupan saya juga nggak terlalu baik sekali. Semua orang punya masalah. Kita harus menyerahkannya semua kepada Allah dan menjadikan rasulullah sebagai teladan kita. Setiap harinya kudu menambah iman kita.

Amin : Mimpi saya pergi ke arab Saudi balajar di Islamic study di mekkah ataupun madinah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca. Jika ada masukan silahkan beri komentar :)

Sekali lagi Terimakasih